Jual Hewan Qurban dan Aqiqah

Jual Hewan Qurban Dan Aqiqah Murah Dan Berkualitas

Jual Hewan Qurban dan AqiqahJual Hewan Qurban dan Aqiqah – Jual kambing qurban dan aqiqah semakin banyak diburu saat menjelang hari raya Idul Adha. Banyak umat muslim berlomba-lomba menjalankan ibadah berqurban dan aqiqah meski berada di masa pandemi seperti sekarang ini. Tapi sebagian orang ada yang bertanya, jika ada yang belum di aqiqahkan orang tuanya, apakah mereka harus aqiqah dulu atau bisa langsung berqurban?

Pada intinya, baik aqiqah maupun berqurban sama-sama melakukan penyembelihan hewan. Tapi untuk aqiqah disini muasalnya ditekankan untuk orang tua jadi bukan anak. Aqiqah bahkan sangat dianjurkan ketika bayi baru lahir terutama hari ketujuh setelah persalinan.

Tapi ketentuan untuk aqiqah tidak hanya ketika anak berumur tujuh hari saja, tapi ketentuannya dilonggarkan dimana orang tua bisa mengerjakan ibadah ini hingga anaknya sudah berusia baligh. Jika anak belum diakikahkan sampai usianya sudah baligh maka ibadah aqiqah akan jatuh di dirinya sendiri.

Jadi, seorang anak yang telah baligh atau dewasa akan tetap dianjurkan untuk melakukan ibadah aqiqah untuk diri mereka sendiri apabila selama masa kecilnya mereka belum pernah dikalahkan kedua orang tuanya.

Tapi bagaimana jika ada yang ingin melakukan ibadah qurban namun belum aqiqah? Jika Anda ingin mendapatkan jawaban ini tentu Anda harus mengetahui dulu apa perbedaan antara aqiqah dan juga qurban. Jadi bisa simak perbedaannya di bawah ini.

Perbedaan Qurban Dan Aqiqah

Siapapun bisa melaksanakan ibadah qurban dan membelinya dari tempat Jual kambing qurban dan aqiqah asalkan memiliki kelebihan atau kecukupan materi untuk melaksanakannya. Begitu pun dengan aqiqah. Ketentuan dalam ibadah ini dilonggarkan sehingga jika si anak memiliki kecukupan materi di usianya yang sudah dewasa, maka mereka bisa menjalankan aqiqah untuk diri sendiri. Tapi sebelum berqurban dan aqiqah, sebaiknya ketahui dulu perbedaan yang ada pada keduanya:

1.Syariat Qurban Dan Aqiqah

Untuk Anda yang ingin menjalankan ibadah qurban maka Anda harus tahu jika syariat berkorban adalah sebagai peringatan terhadap ketaatan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan untuk menyembelih putranya sendiri yaitu Ismail AS. Ketaatan Nabi Ibrahim ini, Allah SWT pun menggantikan Ismail dengan kambing. Lalu ketentuan tersebut pun disyariatkan lagi di dalam ajaran Islam.

Jika ingin menyembelih hewan qurban, tentu Anda harus tahu kapan waktu terbaik untuk melakukannya. Jadi penyembelihan hewan qurban sendiri dilakukan saat hari raya Idul Adha beserta 3 hari tasyrik dan hukumnya sunnah muakkad dimana sunnah ini sangat dianjurkan untuk umat muslim.

Dan untuk hukum aqiqah sendiri sunnah muakkad tapi akan menjadi wajib apabila sebelumnya sudah dinazarkan. Pensyariatan aqiqah sendiri setelah bayi lahir.

2. Jenis Hewan Untuk Qurban Dan Akikah

Kemudian, Anda juga harus tahu jenis hewan yang diperbolehkan untuk diqurbankan dan aqiqah. Meski syariatnya sama-sama menyembelih hewan qurban, tapi ternyata tidak semua hewan bisa diqurbankan dan bisa digunakan pada saat aqiqah.

Untuk qurban di hari Idul Adha, ada beberapa hewan yang disyariatkan seperti sapi, kambing, unta, kerbau. Dan untuk syarat usianya sendiri harus mencapai usia yang telah diatur sesuai dengan syariat Islam. Jika Anda ingin berqurban unta maka usia unta tersebut paling tidak 5 tahun dan sudah memasuki umur 6 tahun.

Dan untuk hewan lain seperti kerbau atau sapi setidaknya berumur 2 tahun atau sudah masuk ke tahun ketiga. Jika hewan yang akan diqurbankan adalah biri-biri atau sejenis domba, maka hewan qurban harus berumur paling tidak 1 tahun. Tapi jika memang sulit menemukan domba berusia 1 tahun makan domba dengan usia minimal 6 bulan bisa digunakan sebagai hewan qurban.

Jika ingin memilih hewan qurban, pastikan hewan tersebut tidak memiliki cacat fisik atau mengidap penyakit berbahaya. Hewan yang diqurbankan tidak boleh buta, pincang, sakit hingga kurus dan dagingnya pun menjadi rusak.

Tapi untuk Anda yang ingin memilih hewan untuk aqiqah, maka hewan yang boleh digunakan adalah kambing. Dan untuk syaratnya sendiri sama seperti hewan qurban. Jika ingin mengukur usia dari hewan kambing yang akan di aqiqahkan Anda bisa tanya ke si penjual langsung. Karena biasanya penjual hewan qurban memiliki akte kelahiran dari kambing yang dijualnya.

Jika penjual hewan qurban tersebut tidak memiliki akte atau tanggal kelahiran kambing tersebut, Anda bisa ukur usianya dengan melihat apakah gigi pada kambing tersebut sudah berganti atau belum. Karena jika giginya sudah berganti, kambing tersebut sudah sah untuk disembelihkan.

3. Waktu Pelaksanaan

Dan perbedaan berikutnya ada pada waktu pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dan aqiqah. Jadi Untuk aqiqah disunahkan tujuh hari setelah proses persalinan dan bisa pada waktu yang lain. Tapi untuk qurban sendiri akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali di tanggal 10, 11, 12 hingga 13 dzulhijjah.

4. Jumlah Hewan Yang Digunakan

Dan terakhir perbedaan ada pada jumlah hewan yang digunakan. Dalam ibadah qurban, banyaknya hewan tidak dibatasi tapi untuk akikah ada ketentuannya. Jika bayi laki-laki yang lahir, maka hewan yang disembelih sebanyak 2 ekor tapi jika perempuan, maka hanya 1 ekor saja yang disembelih.

Setelah tahu apa saja perbedaan qurban dan aqiqah, Anda juga harus tahu mana yang akan didahulukan apakah berkorban atau akikah. Jika sudah masuk bulan Zulhijah dan menjelang Idul Adha beserta hari-hari tasyrik maka ibadah qurban didahulukan dibanding akikah.

Untuk Anda yang saat ini sedang mencari tempat Jual kambing qurban dan aqiqah murah dan berkualitas, Anda bisa hubungi kami di nomor+62 813-9894-9272. Kami menyediakan berbagai pilihan hewan qurban dan aqiqah dengan harga yang pas di kantong Anda.

Leave a Comment

Open chat
Wadi Qibas Farm
Assalamu'alaykum
Dengan Wadi Qibas ya? Mohon Info Hewan Qurbannya, Thanks